Tim UMM Kuatkan Pengelolaan Lab IPA Sekolah Muhammadiyah

Kamis, 26 Oktober 2023 23:42 WIB   Prodi Pendidikan Biologi

Jatim Aktual, MALANG- Senin, 16 Oktober 2023, menjadi hari penting bagi tim pengabdian UMM. Bersama dengan mahasiswa mereka menggelar kegiatan pelatihan pengelolaan laboratorium IPA SMP/MTS Muhamamdiyah se-Kota Malang. Kegiatan dilaksanakan di aula SMP Muhammadiyah 1 Malang.

Kegiatan ini merupakan kerjasama dari berbagai pihak yang meliputi MGMP Guru IPA Muhamamdiyah se kota Malang, tim pengabdian UMM dan berkolaborasi dengan salah satu dosen Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Malang. Program ini rencananya akan dilaksanakan selama 1 bulan, dengan kegitan utamanya adalah workshop dan diikuti dengan pendampingan pengelolaan yang melibatkan dosen, mahasiswa, beserta guru IPA.

Kegitan ini diikuti oleh 10 guru IPA dari tujuh MTS/SMP Muhammadiyah Kota Malang.

“Saya merasa amat sangat senang dengan terlaksananya kegiatan pengelolaan lab ini, karena laboratorium pendidikan di tingkat SMP/MTS memang masih belum optimal dan efektif penggunaannya”, pungkas ibu Yanur Setyaningrum, M.Pd, Kepala SMP Muhammadiyah 1 Malang dalam sambutannya.

Hal ini senada dengan sambutan yang disampaikan oleh ibu Tutut Indria Permana, M.Pd selaku ketua pengabdian masyarakat yang mengatakan “bahwa tujuan diadakannya pelatihan pengelollan laboratorium di tingkat SMP ini akan membantu mendorong pembelajaran yang lebih baik, sehingga siswa mendapatkan pembelajaran bermakna dengan berbagai eksperimen”.

Dalam kegitan workshop yang dilaksanakan kali ini, dihadirkan dua narasumber yaitu Bapak Moh. Mirza Nuryady, M.Sc selaku dosen Pendidikan Biologi UMM yang memberikan pelatihan penyusunan dokumen pengelolaan laboraturium. Dilanjutkan dengan pemateri ke-2 yaitu, dr. Kiky Martha Ariesaka, M. Biomed selaku tim pengabdian dari FK UM yang fokus pelatihannya tentang hygiene dan keselamatan, Kesehatan Kerja Laboratorium.

Bapak Mirza selaku pemateri pertama dalam paparannya menyatakan bahwa setiap laboratorium wajib memiliki dokumen-dokumen pendukung seperti Rencana Anggaran Praktikum, buku Inventarisasi, Log Book pemakaian alat/bahan, tag kalibrasi alat, stiker kendali mutu bahan, serta daftar stock dan alur pengajuan pembelian alat/bahan.

“setiap kegiatan yang dilakukan di laboratorium sekolah wajib dicatat dan diberikan evalusi dalam logbook kendali mutu agar proses pembelajaran praktikum berjalan sesuai rencana dan aman.,” ujarnya.

Faktor keamanan selanjutnya dibahas lebih lanjut lagi oleh pemateri dari FK UM, yang menyatakan pentingnya pengetahuan guru dan peserta didik tentang resiko bahaya yang dapat ditimbulkan dalam kegiatan praktikum dan cara penangannanya.

“setiap laboratorium wajib memiliki shower air di dalam laboratorium untuk penanganan pertama apabila terkena bahan yang berbahaya, namun jika tidak ada pihak sekolah wajib memberikan petunjuk evakuasi untuk sumber air/ kamar mandi terdekat dari laboratorium,” pungkasnya.

Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat untuk diterapkan oleh para guru dan pengelola laboraotium ip di sekolah masing-masing agar memenuhi standar dan dapat mendukung ketercapaian pembelajaran yang berkualitas.

Shared: