ANTUSIASME DI TENGAH PANDEMI COVID-19: LITERASI, INSPIRASI, DAN ENERGI POSITIF PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP-UMM

Sabtu, 09 Mei 2020 11:58 WIB   Prodi Pendidikan Biologi

Malang, 9 Mei 2020. Di masa pandemi COVID-19 tidak menyurutkan Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang untuk terus berkreatifitas dan memberikan hal-hal positif. Kali ini dengan mengadakan kegiatan WEBMINR “Literasi COVID-19: Bagaimana mahasiswa, guru, dan masyarakat kita?” yang dikemas dalam acara Bio-Edu Scientifik Sharing Time VII (BEST-VII) diprakarsai oleh Pengelola Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia (JPBI) yang baru-baru ini sumbite untuk memperoleh Indeksasi SCOPUS. Kegiatan ini disambut antusias, kurang lebih 700 partisipan dari berbagai daerah se-Indonesia dengan menggunakan Platform daring ZOOM dan YOU TUBE (Prodi pendidikan biologi UMM).

 Gambar: Penyampaian materi (Dr. Iin Hindun M.Kes). Sumber: Humasprodipendbio.

Sejumlah materi dijelaskan sangat baik dan lugas oleh Tim Peneliti Prodi Pendidikan Biologi/Tim JPBI diantaranya; “Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap COVID-19”, “Pembelajaran dalam Jaringan di Masa Pandemi: Work-Cognition dan kesadaran metakognitif Guru”, dan “Fake News tentang COVID-19 Di Media Sosial: Ragam, Tanggapan Pengguna, dan Implikasinya bagi Pembelajaran Biologi” oleh (Ahmad Fauzi, M.Pd., Dr. Iin Hindun, M.Kes., dan Dr. Atok Miftachul Hudha, M.Pd) serta Husamah,M.Pd dalam berbagi pengalaman bagaimana tetap produktif menulis artikel dan penelitian di masa pendemi. Literasi COVID-19 sangat diperlukan; terutama dalam memberikan pengetahuan, proses belajar, perubahan sikap dan prilaku dalam menjalani kehidupan saat ini dan masa yang akan datang. Bentuk informasi dan pemerolehannya juga harus akurat; melalui studi literasi dan hasil penelitian yang terpublikasi, sehingga dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan. Inilah salah satu bentuk sumbangsih prodi pendidikan biologi dalam memberikan energi positf.

Gambar. Live Streaming Peserta WEBMINAR (BEST-VI) di YOU TUBE. Sumber: Humasprodipendbio.

Respon positif diberikan oleh peserta, salah satunya melalui banyaknya pertanyaan yang disampaikan dalam sesi diskusi. Bahkan dalam kesempatan tersebut, salah seorang Profesor dari Universitas Riau (ibu Yustina) memberikan tanggapan kepada Tim Peneliti Prodi Pendidikan Biologi/JPBI, “kegiatan yang sangat inspiratif dan saya sangat senang mengikutinya..., saya ingin sekali berkolaborasi dalam penelitian terutama dibidang pengembangan yang menjadi konsertrasi saya..., saya tunggu tindak lanjutnya ya...” ungkap beliau. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi seluruh masyarakat luas. Terutama pendidik dan peneliti agar terus menebarkan energi positif. Kami juga berharap semoga Prodi Pendidikan Biologi FKIP-UMM tetap amanah dalam melayani dan terus bermanfaat terutama dibidang pendidikan. Akhirnya ridho Allah SWT dan balasan amal baik menjadi harapan besar kita semua. Terimakasih kami sampaikan kepasa seluruh partisipan dan semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini. Sampai jumpa lagi di kegiatan berikutnya. Salam berbagi dan menginspirasi. (Berita oleh: Dwi Setyawan).

 

Shared: