Sharing di PBIO UMM, Prof Noor Bagikan Banyak Tips

Kamis, 26 Oktober 2023 23:28 WIB   Prodi Pendidikan Biologi

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMM (PBIO FKIP UMM) mengadakan sharing session visiting Professor pada Jumat (1/9/2023). Acara ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan untuk meningkatkan suasana akademik dan kecendikiawanan.

Ketua Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMM Prof Dr Rr Eko Susetyarini, M.Si menegaskan bahwa Pihaknya terus mendorong para dosen untuk meningkatkan kompetensi dan kepangkatan. Kegiatan ini merupakan ajang untuk melecut semangat dan penguatan kerja keras dosen.

“Alhamdulillah kami sudah memiliki tiga profesor. Beberapa lagi sedang menunggu SK Profesor. Sudah banyak doktor dan lektor kepala yang siap memperkaya keilmuan di Indonesia. Kami terus mendorong dosen untuk berkarya dalam Tridharma PT” papar Prof. Eko dalam perkenalannya.

Ia juga menjelaskan bahwa Prodi PBIO FKIP UMM menyiapkan calon lulusan yang handal. Pihaknya menghasilkan mahasiswa yang siap menjadi guru handal, wirausahawan, manajer anggrek, pengelola laboratorium dan berbagai lapangan kerja.

Sementara itu, Prof. Noor Aini Habibah, M.Si dari UNNES menyampaikan berbagai tips penelitian, pengabdian, dan kerjasama akademik institusi.

“Belajar dari UNNES, perlu ada skema agar semua dosen dapat melakukan penelitian dan pengabdian. Jadi, meskipun mereka tidak dapat pendanaan dari kementerian, maka mereka juga akan tetap produktif,” ujar guru besar bidang kultur jaringan ini.

Prof Noor Aini juga menjelaskan bahwa dosen dan prodi harus terus mendorong mahasiswa untuk publikasi. Mahasiswa dan dosen harus banyak menghasilkan karya yang dapat menginspirasi dan berkontribusi untuk pengembangan keilmuan di Indonesia.

Selain itu, ia menyarankan bahwa kampus harus punya kebijakan dan sistem untuk pendampingan dosen yang studi dan dosen yang akan mengusulkan guru besar.

“Strategi ini menjadi salah satu pendorong dan pendukung sehingga target kita mudah tercapai. Saling berbagi memudahkan kolega kita untuk meraih gelar tertinggi dan terus mencapai cita-cita keilmuan,” pungkas Prof Noor.

Shared: