Pendidikan Biologi: Praktisi Mengajar MBKM Undang Peneliti dari Jepang

Kamis, 15 Juni 2023 22:45 WIB   Prodi Pendidikan Biologi

Satu lagi kegiatan internasional dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang merupakan langkah implementasi program Praktisi Mengajar MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Mereka menghadirkan orang Jepang Yukari Oikawa.

Yukari Oikawa merupakan peneliti sekaligus staf ahli dari perusahaan Jepang Environmental Control Center Co Ltd yang berpusat di Tokyo Jepang. Dia menjadi narasumber dalam diskusi daring Kamis (15/6).

Perusahaan tersebut bergerak di bidang jasa analisis pencemaran lingkungan. Kali ini Yukari berbagi tentang bagaimana bahaya mikroplastik dan bagaimana teknik analisis mikroplastik di laut dan sungai.

Kegiatan ini memberikan insight baru bagi para mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi secara khusus dan beberapa mahasiswa umum dari berbagai universitas dalam analisis mikroplastik. Selain itu, bagaimana pencegahan pencemaran mikroplastik ini agar tidak berdampak terhadap kesehatan manusia secara langsung.

Yukari juga menawarkan kerja sama penelitian dan magang kerja di perusahaan tempat dia bekerja. Didampingi oleh manajernya, Yukari memastikan bahwa para mahasiswa dari Indonesia dapat diterima untuk melakukan magang di perusahaannya.

“Saat ini telah banyak mahasiswa magang dari berbagai negara seperti Korea, Taiwan, dan Tiongkok,” tuturnya.

Ketua Program Studi Pendidikan Biologi UMM Prof Dr Rr Eko Susetyarini berkomitmen untuk terus meningkatkan kerjas ama dan program internasionalisasi dengan berbagai negara, salah satunya adalah Negeri Sakura.

“Kegiatan internasionalisasi ini akan terus diupayakan dan ditingkatkan bentuknya seperti magang kerja dan penelitian langsung,” ujarnya

Shared: