PENDAMPINGAN GURU BERMUTU BERBASIS LESSON STUDY LEARNING COMMUNITY UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 8 KOTA BATU

Kamis, 23 Mei 2024 12:52 WIB   Prodi Pendidikan Biologi

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang merupakan Program yang melibatkan mahasiswa dalam kegiatan yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, seperti penyuluhan kesehatan, pelatihan keterampilan, atau penggalangan dana untuk membantu komunitas tertentu. Hal ini dapat mencakup berbagai bidang, seperti pendidikan, lingkungan, sosial, dan ekonomi. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kegiatan PMM ini menjadi wadah bagi Mahasiswa PMM Muhammadiyah Kelompok 46 untuk menyalurkan berbagai kegiatan yang positif dan dapat membantu Para Guru di SMP Muhammadiyah 08 Batu. Kegiatan Ini Dibimbing langsung oleh Dosen Pendidikan Biologi yaitu Prof. Dr. Rr Eko Susetyarini M.Si. Kelompok 46 beranggotakan 4 Orang dengan 1 orang Koordinator Yaitu Dila Afifatul Rohma dari jurusan Pendidikan Biologi, dan 3 Orang lainnya jurusan Pendidikan Biologi Yaitu Asma’ridaulharir, Isna Putri Arifa dan Yunike Kharisma Putri. Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa UMM Pendidikan Biologi ini bertujuan untuk menerapkan temuan dari penelitian yang telah dilakukan oleh universitas tersebut.

Kegiatan yang diadakan yaitu Workshop Pembuatan Chapter dan Lesson design berbasis LS-LC dan Open Class implementasi Lesson Study Learning Community di SMP Muhammadiyah 08 Batu. Workshop adalah sebuah kegiatan interaktif yang bertujuan untuk memberikan pelatihan, pembelajaran, atau diskusi dalam suatu bidang tertentu. Dalam workshop, peserta aktif terlibat dalam proses belajar melalui diskusi, latihan praktis, dan berbagi pengalaman. Kegiatan Workshop yang diadakan 2 Kali pada Jumat/01/September 2023 dan Jumat/08/September 2023 di SMP Muhammadiyah 08 Batu Bertujuan Untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang efektif serta membangun komunitas pembelajaran yang saling mendukung di sekolah tersebut.

(Dokumentasi pada saat Open Class Untuk implementasi Lesson Study Learning Community)

Kegiatan Open Class Untuk implementasi Lesson Study Learning Community di SMP Muhammadiyah 08 Batu Dilakukan Secara 2 kali Pertemuan (2 siklus) dengan Mata Pelajaran IPA,IPS, B.Indonesia dan B.Inggris. Tujuan diadakannya open class implementasi lesson study learning community di SMP Muhammadiyah 8 Batu adalah untuk memberikan kesempatan kepada guru dan stakeholder lainnya untuk melihat langsung proses pembelajaran yang telah diterapkan berdasarkan konsep lesson study learning community. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kolaborasi antara guru serta memperkuat komunitas pembelajaran di sekolah tersebut. Guru perlu meningkatkan pemahaman agar dapat menguasai materi dengan baik, keterampilan untuk menyampaikan materi dengan cara yang menarik dan efektif, serta kolaborasi dengan rekan sejawat untuk bertukar ide dan strategi mengajar yang terbaik. Hal ini bertujuan agar proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan serta minat siswa, sehingga mereka dapat mencapai potensi maksimal dalam belajar.

(Sesi Foto Penyerahan Penghargaan kepada Sekolah )

Kegiatan Terakhir Yaitu penyerahan Penghargaan alat dari Universitas Muhammadiyah Kepada Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 08 Batu yaitu Bapak Windra Rizkiyana, M.pd. Dan para Guru lainnya. Sebagai ucapan terimakasih kepada beliau yang telah membantu kami dalam rangkaian kegiatan yang kami adakan ini. Dengan diadakannya kegiatan ini semoga dapat memberikan berbagai manfaat kepada seluruh masyarakat, siswa-siswi dan para guru.(rilis : PMM KELOMPOK 46)

Shared: