PBIO UMM Roadshow Sekolah Madura Sosialisasikan Kurikulum Keunggulan

Senin, 17 Juni 2024 09:14 WIB   Prodi Pendidikan Biologi

Prodi Pendidikan Biologi (PBIO) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah  Malang (UMM) terus melakukan terobosan baru untuk menjalin kerjasama dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pada hari Sabtu (15/6), Prodi Pendidikan Biologi UMM mengadakan Roadshow sekaligus sosialisasi kurikulum baru kepada para stakeholder sekolah di Madura yang dipusatkan di Sumenep, Madura.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh 32 orang guru yang merupakan bagian dari komite kurikulum dari berbagai SMA/SMK/MA se-Kabupaten Sumenep. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan kurikulum PBIO yang memiliki keunggulan dan berbasis Outcome-Based Education (OBE) kepada para guru.

“Kurikulum OBE PBIO FKIP UMM dirancang berdasarkan berbagai indikator, salah satunya adalah hasil survei tracer study alumni. Hasil survei menunjukkan bahwa lulusan prodi ini tidak hanya menjadi guru, tetapi juga bekerja di berbagai bidang lain, seperti peneliti di perusahaan/pemerintahan dan wirausahawan sukses” terang Prof. Dr. Eko Susetyarini, M.Si selaku ketua Prodi PBIO FKIP UMM.

Prof Eko menjelaskan bahwa sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bahwa para sarjana lulusan PBIO FKIP UMM memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja di berbagai profesi, tidak hanya sebagai guru. Hal ini sejalan dengan tagar #bukanhanyajadiguru yang diusung oleh PBIO FKIP UMM.

Prof. Dr. Eko Susetyarini, M.Si., selaku Kaprodi Pendidikan Biologi FKIP UMM, dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kerjasama dengan para sekolah mitra. Prodi PBIO FKIP UMM juga menawarkan berbagai program pelatihan yang bermanfaat untuk pengembangan guru, khususnya dalam rangka memenuhi Program Merdeka Mengajar (PMM).

“Seluruh kegiatan yang ditawarkan oleh Prodi PBIO FKIP UMM kepada para guru mitra ini tidak dipungut biaya” terang Prof. Eko.

Sementara itu, Ibu Sri Hidayati, S.Pd., selaku Ketua Paguyuban Guru Biologi Kabupaten Sumenep, mengungkapkan rasa senang dan antusiasnya atas kegiatan sosialisasi ini. Ia berharap kegiatan ini dapat membantu para guru dalam memenuhi kewajiban mereka dan meningkatkan kualitas pendidikan di Sumenep.

“Sosialisasi kurikulum baru Prodi Pendidikan Biologi UMM kepada para stakeholder sekolah di Sumenep ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama antara UMM dan sekolah-sekolah di Sumenep, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia” harap Sri Hidayati.

Shared: