Karya Komik Muncul di Prodi Biologi

Jum'at, 18 November 2011 07:54 WIB   Prodi Pendidikan Biologi



Mahasiswa Jurusan Biologi UMM, Khoirul Umam cetak prestasi di Lomba Karya Komik Tokoh Nasional (LKKTS). Lomba ini baru pertama diikuti, namun telah menghantarkan tim Umam menjadi juara II dalam acara yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala, Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata. Sementara itu, tim Universitas Udayana Denpasar  menjadi juara I dan tim dari IPB juara III. Pemberian hadiah berlangsung pada Pekan Nasional Cinta Sejarah (Pentas) 2011 di Palu Sulawesi Tengah, Sabtu-Minggu (17-18/9).


“Saya mempersiapkan lomba ketika sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bulan Juli lalu.  Namun hal itu tidak menyurutkan semangat saya,“  ujar  Umam yang juga aktif sebagai reporter BESTARI ini. Bersama rekan lainnya yaitu Yannika Nidia Sari (Yannika), dan Khairul Umam Al Maududy (Dudy), tim ini mengangkat  tokoh pejuang asal Surabaya Bung Tomo. Alasannya dalam kepemimpinan Bung Tomo, terdapat peristiwa fenomental 10 november.  Sehingga kesesuaian dengan tema acara “Tokoh Sejarah Lokal dan Nasional dalam Pembangunan Nilai-nilai Nasionalisme pada Generasi Muda” sangatlah tepat.

Ketua Jurusan Biologi UMM Dra.Sri Wahyuni, M.Kes menyatakan sangat mendukung dan bangga dengan prestasi anak didiknya. Bagi Sri Wahyuni, ini merupakan prestasi yang luar biasa, apalagi Umam dan Yannika merupakan mahasiswa  Jurusan Biologi FKIP UMM yang biasanya bergelut dengan istilah-istilah sains, tidak ada hubungannya dengan dunia komik. “UDAYANA, UNEJ, dan 2 grup dari IPB merupakan pesaing hebat dalam babak penyisihan 5 besar yang menambah kebanggaaan kepada tim UMM  yang satu-satunya dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS)” tambahnya.

Dukungan tidak hanya dari Kajur Biologi, doktor studi budaya, Dr. Arif Budi Wurianto, M.si membimbing langsung dalam proses pembuatan sehingga hanya dengan waktu dua pekan komik sejarah inipun dapat diselesaikan. Isi komik menceritakan siswa Sekolah Dasar bernama Farhan dan Dewik yang belajar mengenal figur Bung Tomo saat diajak gurunya mengunjungi museum.  

Umam dkk berharap karyanya dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat menumbuhkan nilai-nilai Nasionalisme dari buku-buku bergambar yang .rencananya akan diterbitkan. Ly

ANDI AFRILLIYA ANI /08220157/IKOM/PR-A

 

Shared: