Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi. Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Perkembangan kurikulum di Program Studi Pendidikan Biologi adalah sebagai berikut.
Tahun 2012/2013 Prodi mendapatkan hibah KBK, dimana prodi diberi kepercayaan oleh pemerintah untuk menyusun kurikulum berbasis KKNI. Prodi menyusun kurikulum bersama dengan jajaran dosen, baik dosen tetap yayasan maupun kopertis bersama dengan stakeholder, alumni dengan didampingi pakar kurikulum berbasis KKNI.
Pada tahun 2014/2015, kurikulum KKNI dipresentasikan di hadapan tim kurikulum nasional untuk mendapatkan feedback. Feedback berupa saran perbaikan tentang struktur kurikulum yang telah dipresentasikan.
Sejak Tahun 2016 sampai sekarang, dalam rangka menjalankan Permen DIKTI No. 44 Tahun 2015, Prodi mengimplementasikan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT).