Prodi Pendidikan Biologi
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Pendidikan Biologi
Universitas Muhammadiyah Malang

VISI, MISI DAN TUJUAN

Visi Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMM tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

1.  Pernyataan “terkemuka” mengandung makna bahwa Prodi dapat menjadi teladan dalam tata kelola kelembagaan sehingga menjadi Prodi yang terkemuka di tingkat ASEAN dan sekitarnya.

2.  Pernyataan “terkemuka” juga mengandung arti, bahwa segenap civitas akademik Prodi akan mampu menghasilkan karya kreatif dan inovatif melalui berbagai pengembangan hasil karya di bidang pendidikan dan IPTEK biologi secara konsisten dan berkesinambungan. Oleh sebab itu, setiap langkah kegiatan diharapkan menghasilkan produk yang memiliki keunggulan kompetitif di tingkat ASEAN dan sekitarnya.

3.  Pernyataan “profesional” mengandung makna pada kompetensi atau kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan para civitas akademik Prodi memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum Prodi dan diharapkan dapat menjadi pondasi penguasaan standart kompetensi pendidik di bidang pendidikan dan IPTEK biologi yang ditetapkan pemerintah secara khusus maupun umum.

Pengembangan kemampuan profesional dalam bidang “pendidikan dan IPTEK biologi” diarahkan pada penguasaan kompetensi penciri utama Prodi sebagai berikut.

a.     Mampu menguasai konsep dasar, prinsip dan teori Pendidikan Biologi.

b.     Menguasai dan menyelesaikan permasalahan biologi dan pendidikan biologi secara prosedural melalui pendekatan biologi dari tingkat molekul sampai tingkat ekosistem/biosfer.

c.      Mampu menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, pada bidang Biologi di sekolah menengah.

d.     Memiliki karakter yang kuat (mandiri, jujur dan disiplin) dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah menengah.

e.     Mengenal dan menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah menengah, baik perkembangan fisik maupun psikologis.

f.       Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaan dan keselamatan kerja/belajar di laboratorium.

g.     Melakukan penelitian yang dapat mengembangkan pembelajaran di sekolah menengah secara inter dan multidisiplin dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil peneltian dan karyanya secara nasional.

h.     Mampu melakukan penelitian untuk memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah menengah secara inter dan multidisiplin dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil peneltian dan karyanya secara nasional.

i.       Mampu mendiseminasikan gagasan-gagasan inovatif untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah menengah baik pada tingkat daerah maupun tingkat nasional.

j.       Mampu melakukan kajian yang dapat digunakan dalam memberikan alternatif penyelesaian masalah Pendidikan Biologi.

k.      Mampu mengaplikasikan pengetahuan biologi secara inovatif sesuai perkembangan IPTEK pada berbagai bidang entrepreneurship berorientasi life skill.

l.       Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis, serta membangun hubungan interpersonal.

m.    Memiliki  kemampuan managerial dan leadership,

n.     Memiliki pengetahuan kewirausahaan dan jiwa entrepreneurship, rasa ingin tahu yang kuat, serta mampu menjalankan networking.

 

4.  Pengertian “nilai-nilai Islam”merupakan bagian dari nilai material yang terwujud dalam kenyataan pengalaman rohani dan jasmani civitas akademik Prodi. Nilai-nilai Islam merupakan tingkatan integritas kepribadian untuk mencapai tingkat budi (insan kamil). Nilai-nilai Islam dikembangkan pada semua civitas dalam lingkup kehidupan kampus UMM. Tenaga pendidik dan kependidikan Prodi mendapatkan pengetahuan dan skill nilai-nilai islam melalui pengajian rutin setiap hari jum’at, pengajian bulanan, dan pendidikan i’tikaf selama bulan ramadlan. Nilai-nilai islam juga ditanamkan pada mahasiswa melalui Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK), kajian Islam saat dhuha, pengembangan soft skill di dalam kelas, dan pembelajaran nilai-nilai Islam dalam matakuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan mulai dari semester I sampai dengan semester V.


Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran dan strategi pencapaian dirumuskan dalam Rencana Strategis (Renstra) Prodi, Rencana Operasional (Renop) Prodi. Sasaran dan strategi dalam rangka mencapai tujuan telah ditetapkan dirumuskan sesuai dengan tahap-tahap pencapaian visi sampai 2019. Target tahun 2016-2019, dengan indikator tercapainya pengembangan jejaring kerjasama dengan pihak luar khususnya dengan instansi atau pendidikan tinggi di kawasan Asia Tenggara untuk memperkuat konstribusi Prodi dalam mengembangkan pemikiran, penelitian, dan penerapan ilmu pendidikan dan IPTEK biologi, terwujudnya prodi sebagai lembaga pendidikan yang memiliki reputasi kompetitif di tingkat nasional. dan pengenalan karya-karya akademik atau produk ilmiah di kawasan Asia Tenggara.

Tahun 2015 dipilih sebagai baseline pengembangan sasaran yaitu terwujudnya lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian

islami dan sosial yang didasarkan pada nilai-nilai ke-Islaman dan Kemuhammadiyahan.

Sedangkan strategi untuk mencapai sasaran Prodi, dirumuskan sebagai berikut :

Sebagai dasar untuk mengembangkan sasaran adalah naskah Renstra FKIP sebagai penyelenggara. Perumusan sasaran tertuang dalam pedoman Renstra Program Studi. Secara hierarki, sasaran Prodi dikembangkan dari rumusan tujuan sebagai berikut.

 

a.     Menghasilkan tenaga pendidik biologi yang profesional dan memiliki kepribadian islami. Sasaran Prodi meliputi:

1)       Perbaikan sistem promosi Prodi dan sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru.

2)       Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan berbagai metode dan multimedia ICT, serta pembelajaran WEB dengan berdasarkan nilai-nilai Islam.

3)       Meningkatkan indeks prestasi kumulatif mahasiswa dan memperpendek masa tunggu dalam bekerja.

4)       Menyelenggarakan program pemetaan dan pengayaan potensi mahasiswa.

5)       Meningkatkan pemberian bantuan akademik dan non-akademik kepada mahasiswa.

6)       Mengembangkan softskill mahasiswa sesuai dengan capaian pembelajaran.

7)       Meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pertemuan ilmiah baik nasional maupun internasional.

8)       Menciptakan iklim akademik yang kondusif untuk berbagai kegiatan diskusi, seminar, dan riset.


 

b.     Menghasilkan peneliti dibidang pendidikan dan IPTEKS biologi yang bermanfaat bagi pengembangan masyarakat. Sasaran Prodi meliputi:

a.   Meningkatkan jumlah dan kapasitas penelitian yang dilakukan dosen dengan pendanaan dari eksternal dan internal.

b.      Meningkatkan jumlah publikasi ilmiah pada Jurnal terakreditasi.

c.      Meningkatkan jumlah buku yang diterbitkan secara nasional.

d.      Meningkatkan jumlah reputasi dosen.

e.      Meningkatkan jumlah HAKI/Paten.

f.       Meningkatan jumlah dan kualifikasi dosen secara memadai.

g.      Meningkatkan jumlah kegiatan oleh staf dosen.

 


c.     Menghasilkan kerjasama untuk mengembangkan IPTEKS dibidang pendidikan Biologi guna meningkatkan mutu lulusan. Sasaran Prodi meliputi:

a.      Meningkatkan kerjasama dengan lembaga dalam negeri dan luar negeri.


 

d.     Mengembangkan tata kelola kelembagaan Prodi yang efektif, efisien, dan berciri islam untuk menunjang peningkatan mutu lulusan. Sasaran Prodi meliputi:

a.      Meningkatkan akreditasi kelembagaan Prodi ke arah internasional.

b.   Menurunkan tingkat kepuasaan layanan akademik dan non akademik mahasiswa

c.      Meningkatkan tingkat kehadiran dosen dan karyawan.

d.      Meningkatkan ketepatan waktu kerja

e.   Memberi kesempatan pada mahasiswa kelompok atas untuk mempercepat masa studi.

 

 

 

Shared: