Sejuta Keunikan Sistem Perkuliahan di Prodi Pendidikan Biologi UMM (Catatan Mahasiswa 1)

Sabtu, 26 Mei 2018 13:12 WIB

Assalamu’alaikum biologers..

 

Gimana nih adek - adek camaba udah nentuin belum jurusan dan kampus yang mau ditempatin buat kuliah? Nah saya mau sedikit review nih tentang jurusan Biologi di UMM pasti pada ingin tau kan bagaimana aja sih sistem perkuliahan,maupaun yang lain tentang Biologinya UMM, baik saya akan ceritakan ke antum semua ? Jadi gini nih Ker, kenalin dulu kampusnya baru jurusan ter hits nya hehe,Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdiri pada tahun 1964, atas prakarsa tokoh-tokoh dan Pimpinan Muhammadiyah Daerah Malang. Pada awal berdirinya UMM merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta(UMJ), yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jakarta dengan Akte Notaris R. Sihojo Wongsowidjojo di Jakarta No. 71 tang-gal 19 Juni 1963. Nah Pada waktu itu, UMM mempunyai tiga fakultas, yaitu (1) Fakultas Ekonomi,(FEB)(2) Fakultas Hukum9(FH), dan (3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)Jurusan Pendidikan Agama(FAI). Ketiga fakultas ini mendapat status Terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggipada tahun 1966 dengan Surat Keputusan Nomor 68/B-Swt/p/1966 tertanggal 30 Desember 1966.setelah itu Pada tanggal 1 Juli 1968 UMM resmi menjadi universitas yang berdiri sendiri (terpisah dari Universitas Muhammadiyah Jakarta), yang penyelenggaraannya berada di tangan Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang, dengan Akte Notaris R. Sudiono, No. 2 tertanggal 1 Juli 1968. Pada perkembangan berikutnya akte ini kemudian diperbaharui dengan Akte Notaris G. Kamarudzaman No. 7 Tanggal 6 Juni 1975, dan diperbaharui lagi dengan Akte Notaris Kumalasari, S.H. No. 026 tanggal 24 November 1988 dan didaftar pada Pengadilan Malang Negeri No. 88/PP/YYS/ XI/ 1988 tanggal 28 November 1988.

                            

 Selanjutnya cekidot kita ulas asal muasal jurusan Biologi salah satu jurusan ter ngehits di UMM yaitu jurusan Biologi. Biologi UMM didirikan pada tahun 1983 dimana sejak 2 bberapa tahun lalu sudah mampu mempertahankan akreditsi A (sangat baik).Program Studi Pendidikan Biologi  ini mempunyai tujuan membekali mahasiswa dengan tiga kemampuan sekaligus yaitu guru yang profesional, peneliti yang hebat serta wirausahawan yang handal. Mahasiswa Pendidikan Biologi juga dibekali dengan kemampuan pengabdian masyarakat sehingga mereka akan peka terhadap lingkungan sosial ketika sudah lulus atau terjun ke masyarakat.bagimana kagak ngehits nih ,jurusan ini terkenal dengan mahasiwanya yang kebanyakan perempuanya ketimbang laki-lakinya berbanding kebalik sama jurusan teknik,eitss jangan salah ya walaupun begitu Jurusan ini sangat terkenal di antero jagad UMM raya haha ,gimana tidak Biologi banyak menyumbang prestasi baik nasional maupun internasional untuk kampus putih ini .selain itu baru baru ini Biologi UMM juga memperoleh sertifikat terakreditasi AUNQA hayoo gimana masih mau mikir untuk nolak masuk biologi UMM ? di pikir pikir dulu yuk jurusanya sudah akreditasi A ,sudah pula akreditasi AUNQA dan kampusnya pun Akreditasi A loh kebayang ga sih antum semua kalo udah lulus dari Biologi mau kemana aja bisa ..oh ya sampai lupa tadinya kan mau bahas keunikan sistem perkuliahan ya oke deh saya review jadi ada beratus eh enggak beribu ,eh bukan berjuta yang bener, berjuta keunikan sistem Perkuliahan di Biologi UMM diantaranya adalah :

1.Dari jaman maba udah dicekokin sama Laporan

 Yah namanya juga jurusan Biologi pagi siang,sore,malam kencanya ya sama laporan .seminggu deadline laporan bisa 2-7 sih (eh itu jaman saya ,beda zaman beda jumlah ).ahh walau laporan sebanyak mungkin hidup ini masih berwarna kok,serius kek warna preparat yang diberi safranin,Metylen blue dll jadi warna warni deh ..

2.Suka Lari-lari pakek jas Lab di sekitar kampus

 Kalau yang ini kalian tau lah ya? Kalo antum semua dikampus liat orang lari-larian pake jas Lab,tangan kanan pegang Modul praktikum ( Yang warna orange tuh ) ,tangan kiri sambil siap sedia pegangin tas biar gak lepas dari tangan ,keringat bercucuran ,nafas tak karuan dapat diidentifikasi bahwasanya itu adalah Mahasiswa Biologi yang lagi ngejar asleb untu ACC maupun takut telat masuk Lab.kebayang gaes kalau telat masuk Lab bisa dikeluarin dengan alasan yang tepat (semacam alasan dek udah telat berapa menit,maaf ya sudah ga bisa masuk) nah horor kan ya hahah

3.Terbiasa dengan jutaan tugas dan deadline kilat

            Yuhuu antum semua wajib tau nih mahasiswa tersetrong salah satunya nih mahasiswa biologi ,gimana engga? Dikasih tugas tumpukan ,laporan segudang,belum juga ACC,belum beli bahan praktikum tapi bisa terlaksana semua tanpa ada keterlambatan..nah ini nih salah satu kehebatan mahasiswa biologi entah itu ngatur waktu kek gimana ya ? Waallahu a’lam bisawam.....

 

4.Kompak dan solidaritasnya tak diragukan

Jangan salah bukan anak Teknik saja yang kompak dan solidaritasnya kuat ,nah kami ini juga kalau antum semua nih jalan dikampus suka liat segerombolan mahasiwa lagi ngobrol ngalor,ngidul bahas nya tentan hewan,alam dan manusia sok euy dapat dipastikan itu adalah anak biologi.selain itu kebiasaan mahaiswa biologi adalah ketika sudah merencanakan sesuatu maka suara terbanyak akan selalu tampak atau selalu satu pemikiran..

5.Tiap semester pasti ada paktikum

  Yaelah,jelas sudah ditiap semster antum semua bakalan ketemu satu ,dua ,empat,tujuh mata kuliah yang mana sksnya akan tinggi karena terdapat satu sks diLaboratorium.Antum semua ga usah takut masa belajar paling menyenangkan ya itu tuh di Laboratorium,selain bisa ber eksperimen antum semua juga bisa mengerti prosesnya langsung,disitu menurut saya puncak pemahaman terbaik bagi mahasiswa biologi.yah walaupun kalo usai praktikum juga mikir Laporan dan ACC tapi setidaknya bahagia itu ada porsinya masing – masing.

 

6.Terkenal Mahasiswa tertampan maupun Tercantik

Tidak dipungkiri lagi walaupun suka bergelut dengan tugas maupun laporan wajah wajah kami tak pernah luput dari ketidak terawatan.biasanya nih Mahasiswa tercantik maupun tertampan biasanya didapati oleh Mahasiswa akutansi etss jangan salah Biologi juga gak kalah loh hihi..banyak yang bilang nih walapun dijuluki ’’ Manusia LAB ‘’ tapi sebagian mahasiwa biologi cukup terkenal dikalangan fakultas maupun jurusan lain,banyak nih yang jadi model,bahkan langganan endors maupun selebgram. Nah hayo masih mikir lagi untuk nolak kuliah di biologi UMM ??

7. Praktikum Lapang jadi langganan ditiap akhir semesteran

Buat camaba Biologi nih saya kasih tau ,bawasanya ada agenda tiap akhir semesteran dibiologi yaitu praktikum Lapang, nah praktikum lapang ini sendiri biasanya dilakukan dikampus,luar kampus bahkan dikota lain ,atau dinegara lain hihi.seperti pengalam pengalam sebelumnya nih tempat praktikum Lapang biasanya di pantai balekambang,bedegan,junrejo batu ,semeru bahkan yang anti meanstream nih di alas purwo Banyuwangi.kebayang gak sih serunya bisa praktikum lapang beberapa hari diluar ,mulai dari ga mandi 2 hari sampe ga pegang hp karena ga ada sinyal ? yah semua ini saya lalui begitu indah seindah,etsss ada yang lupa nih ! jadi nanti buat Mahasiswa Biologi semster 6 akan ada SLT (Studi Lapang Terintegrasi ) nah disini nih kalian bisa milih mau SLT dilokal,maupun non lokal .

8.Terakreditasi AUNQA

Kabar baik nih buat camaba,asal kalian tau ker prodi Biologinya UMM ini baru saja mendpatkan akreditasi AUNQA ,kebayang dong kalo kalian lulus bangganya bukan main,gimana engga nih Biologi UMM adalah salah satu jurusan pendidikan pertama yang terakreditasi AUNQA se jawa  - bali,gak tanggung -tanggung nih setelah lulus bakalan lebih muda mencari kerja karena kerja sama sudah meluas .jurusannya pun sudah dikenal dimanca negara ..

9.Penuh dengan Dosen – dosen Berprestasi

Hemm Mahasiswa mana yang gak suka kalau dosen dijurusanya baik –baik ,ramah,sopan dan hebat –hebat.tidak usah diragukan lagi kemampuan dosen biologi UMM,dosen dosen biologi UMM termasuk banyak dosen berprestasi baik ditingkat kampus maupun luar kampus .Kebanyakan dari dosen biologi UMM mempunyai cara tersendiri agar masing masiing mahasiswanya mampu memahami materi – materi yang diajarkan.nah hayo masih mau ragu lagi buat milih biologinya UMM ??

10.Segudang prestasi dengan sejuta rasa rendah hati

            Nah ulasan sedikit nih,jangan salah walaupun mahasiswa biologi terkenal sibuk tapi tidak ada kata lupa untuk berprestasi dikampus maupun diluar kampus. Perlu diketahui bahwasanya biologi UMM ini sering pakek banget deh yah,,mendapatkan juara lomba baik dikaca nasional maupun internasional ,selalu tidak lupa untuk menjuarai Lomba LKTI maupun lomba  - lomba lainya.

11. KKN , Magang dan SLT di Luar Negeri

            Wahh antum semua juga harus tau nih bahwa salah satu program mata kuliah dibiologi seperti KKN,Maagang dan SLT ini bisa dilakukan diluar negeri,Biologi UMM sendiri tlah banyak bekerja sama dengan prguruan tinggi maupun instasi lain diluar negeri ,makanya nih kita sebagai mahasiswa biolgi bisa merasakan KKN internasional,Magang internasional bahkan SLT internasional. Biasanya tiap tahun tempatnya akan berubah - ubah ,terkadang di Thailand,Malaysia dan juga singapura.yahh kalian juga harus siap mental dan duit sih sebenerya unntuk merasakan indahnya pesona Luar negeri .kuncinya satu jangan pernah memyerah selalu terapkan dalam kehidupan antum semua prinsip “ Berotak London Berhati Masjidil haram “

            Nahh itu tadi sedikit review tentang  banyak sedikitnya keunikan perkuliahan dijurusan Biologi UMM. Buat camaba ga usah mikir panjang lagi deh  yuk ikutin tes seleksi masuk UMM kalau kalian bersunnguh sunggh InsyaAllah jalan terbaik akan terbuka .Tetap semangat dan terus berusaha karena mantra “ Man jadda wa jada “ akan bisa manjur kapan saja ...

 

(Ditulis oleh Hendry Sulistiyanto/NIM 201510070311123)

Shared: