Menyongsong Sertifikasi AUN-QA, Prodi Pendidikan Biologi UMM Tingkatan Mutu Pendidikan (Catatan Mahasiswa 2)

Sabtu, 26 Mei 2018 13:33 WIB  

Program Studi (Prodi) Biologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah banyak meningkatkan kualitas pelayanan akademik dan mutu pendidikan. Itulah yang menggiring biologi menjadi salah satu prodi penyandang akreditasi A selama 10 tahun terakhir.

Dosen pengampu mata kuliah belajar dan pembelajaran serta ekologi, Husamah, memaparkan bahwa prestasi bidang kemahasiswaan prodi biologi layak mendapat pengakuan dan jaminan internasional ASEAN University Networking-Quality Assessment (AUN-QA).

“Prodi perlu juga mendapat pengakuan dan jaminan internasional. Oleh karena itu, kami mengajukan proposal sertifikasi internasional ke AUN-QA. Proses submit selama 2 tahun, lalu divisitasi dan alhamdulillah sejauh ini dinyatakan layak. Tinggal menunggu sertifikasinya saja,” ungkapnya (9/5) melalui seluler.

Ke depan prodi biologi menargetkan implementasi blended learning, lesson study dan active learning pada semua pembelajaran demi mempertahankan mutu pendidikan dan mencetak lulusan terbaik biologi. Prestasi yang ditorehkan biologi memang bukan sekedar kualitas prodi tetapi juga kualitas dosen dan mahasiswa.

“Berbagai hibah riset dan pengabdian dari kemenristekdikti, swasta, dan internasional diberikan pada dosen. Bahkan banyak juga yang menjadi peneliti, dan pengurus pusat organisasi profesi,” ujar Husamah.

Di samping itu, tahun 2018 dua orang mahasiswa biologi meraih kejuaraan bidang karya tulis. Ialah Samsul Arifin, juara 1 LKTI Nasional inovasi pendidikan Indonesia (IDEA) di Universitas negeri Jakarta. Dilanjutkan Siti Mubasirah Juara 3 Indonesia Student Researcher Festival di Universitas Pendidikan Indonesia. 

 

(Ditulis oleh: Anisa Purwa Ningrum/Mahasiswa IKOM UMM)

Shared: