Prodi Pendidikan Biologi
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Pendidikan Biologi
Universitas Muhammadiyah Malang

LOMBA DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN & LOMBA MENULIS OPINI INSPIRATIF 2014

Author : Administrator | Selasa, 08 April 2014 15:23 WIB

 

LOMBA DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN (BAGI GURU)

LOMBA MENULIS OPINI INSPIRATIF (BAGI SISWA SMA-SEDERAJAT)

TINGKAT NASIONAL TAHUN 2014

PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

 DEADLINE: 31 MEI 2014

 

LATAR BELAKANG

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen secara jelas dan tegas mengatakan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pedidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Pasal 20 dari undang-undang tersebut menyakan pula bahwa untuk dapat menjalankan tugas keprofesionalan, guru mempunyai kewajiban  diantaranya merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi pembelajaran, dan  meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kopetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Oleh sebab itu, menurut Zamroni (2013) agar proses pembelajaran dapat berlansung lancar dan mendapat hasil yang maksimal maka salah satunya dibantu dengan media pembelajaran.

Instrumen Penilaian Kinerja Guru poin ke 7 menjelaskan guru harus mampu berinovasi dan berkreasi. Pedoman Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran  oleh Kepala Sekolah /Pengawas sekolah pada poin ke 15  juga menegaskan bahwa guru harus dapat melibatkan siswa dalam pemanfaatan media dalam pembelajaran. Begitu pula  dalam dokumen portofolio sertifikasi guru pada poin 1 terdaftar kemampuan guru dalam berkreatif  inovasi, dan mampu membuat. Sedangkan poin 7 tentang Karya Pengembangan Profesi, salah satunya adalah dengan membuat media pembelajaran.

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor eksternal yang berpengaruh terhadap keberhasilan kegiatan pembelajaran.  Peranan media pembelajaran sangat penting dan dapat mendukung serta membantu guru dan siswa untuk melakukan aktivitas pembelajaran, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Media pembelajaran berfungsi sebagai alat bantu untuk dapat meningkatkan hasil belajar secara komprehensi, holitistik, dan menyeluruh. Hal tersebut tentu membutuhkan ketepatan seorang guru dalam memilih media yang akan dipergunakan dalam suatu kegiatan proses belajar mengajar. Itu berarti bahwa kemampuan guru perlu selalu dilatih, diasah dan dikembangkan, melalui berbagai cara atau metode, salah satunya dengan lomba desain media pembelajaran.

Sementara itu, di sisi lain salah satu kemampuan yang harus dikembangkan pula adalah kemampuan menulis para siswa. Ironisnya, tingkat kemampuan menulis siswa di Indonesia masih terbilang rendah. Kondisi ini sudah menjadi rahasia umum. Harus disadari bahwa selama ini siswa cenderung diajari untuk menjadi penyalin teks yang diberikan guru sehingga mereka belajar meniru dan malas untuk berpikir kreatif.

Siswa perlu mempunyai keterampilan menulis, dengan keterampilan menulis yang baik siswa akan terlatih untuk berpikir secara logis, kreatif, dan inovatif. Siswa pun akan terbiasa dan tidak merasa kesulitan menyelesaikan tugas sekolah di jenjang pendidikan yang lebih tinggi kelak (Pratamanti, 2013). Keterampilan menulis tidak mesti harus melalui penyampaian kaidah-kaidah tentang konsep-konsep menulis, yang terpenting dalam memperoleh keterampilan menulis adalah latihan-latihan dan bimbingan. Menurut Marahimin (2005) latihan-latihan inilah yang menjadi inti dari segala macam pelajaran menulis.

Berdasarkan 2 tuntutan kondisi sebagaimana telah disinggung di atas, maka Prodi Pendidikan Biologi FKIP-UMM sebagai bagian dari bangsa ini memiliki kewajiban dan ikut terpanggil untuk merespon hal itu. Salah satunya dengan mengadakan wadah apresiasi dengan bentuk nyatanya adalah dengan mengadakan Lomba Desain Media Pembelajaran (bagi guru-guru dari semua jenjang pendidikan dasar dan menengah/SD-SMA sederajat se-Indonesia) dan Lomba Menulis Opini Inspiratif (bagi siswa SMA/SMK/MA sederajat se-Indonesia). Oleh karena itu Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMM mengajak dan mengundang para guru dan para siswa/penulis muda berbakat untuk mengikuti momen menarik ini untuk kemudian meraih penghargaan menarik dari kami.

 

TUJUAN

1.    Mendukung upaya peningkatan/pengembangan profesionalisme guru-guru di Indonesia melalui kegiatan desain media pembelajaran dan menulis.

2.    Menggali dan menumbuhkan potensi serta motivasi siswa dalam menulis.

3.    Membangun jejaring antara FKIP UMM dengan sekolah mitra.

4.    Mempromosikan keberadaan Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMM kepada para siswa.

 

PESERTA

1.    Peserta Lomba Desain Media Pembelajaran adalah guru-guru dari semua jenjang pendidikan dasar dan menengah (dari SD sampai SMA sederajat) se-Indonesia (dibuktikan dengan scan surat keterangan atau sejenisnya dari sekolah atau lembaga resmi). Guru yang dimaksud tidak harus guru biologi/IPA, guru yang mengajar mata pelajaran apapun dapat mengikuti lomba ini, asalkan mampu mengembangkan media dengan tema yang diminta.

2.    Peserta Lomba Menulis Opini Inspiratif adalah siswa SMA/SMK/MA sederajat se-Indonesia yang memiliki ide yang kreatif, inovatif, inspiratif dan semangat menulis.

 

OUTCOME

1.    Karya guru berupa desain dan narasi desain media pembelajaran

2.    Karya siswa berupa artikel opini/essai.

 

MEKANISME DAN RANCANGAN AKTIVITAS

1.  Persyaratan peserta dan teknis pelaksanaan kegiatan:

Adapun persyaratan peserta dan teknis pelaksanaan kegiatan adalah sebagai berikut:

a)    Peserta wajib menjadi pengikut/follower Facebook Biologi Universitas Muhammadiyah Malang.

b)    Hasil karya wajib dikirim dalam bentuk softcopy ke biologi.umm@gmail.com dan cc ke: usya_bio@yahoo.com (panitia tidak menerima hardcopy). Karya harus diupload pula di halaman facebook peserta (lihat selengkapnya di KETENTUAN PENULISAN).

c)    Peserta membayar Rp. 50.000 (untuk guru) dan 25.000 (untuk siswa) perkarya yang diikutkan lomba. Biaya ditransfer ke rekening BNI 46 an KRISTINA WIJAYANTI nomor 0160290047. Bukti pembayaran harap discan dan dikirim bersama naskah.

d)    Batas pengumpulan karya tanggal 31 Mei 2013 pukul 00.00 WIB (naskah yang dikirim melewati batas tersebut tidak akan diproses).

e)    Pengumuman pemenang paling lambat tanggal 7 Juni 2014 melalui website FKIP UMM (http://biology.umm.ac.id) dan FB: Biologi Universitas Muhammadiyah Malang.

f)      Kepesertaan gugur bila tidak sesuai ketentuan naskah.

g)    Naskah yang masuk menjadi milik panitia.

h)    Ketentuan lain yang mungkin berubah dan penting maka akan kami informasikan di website dan grup facebook.

i)      Untuk informasi yang belum jelas, maka peserta dapat berinteraksi facebook, mengirimkan email atau sms ke Contact Person: 085655532165 (alief)/ 085235633228 (lugas).

 

2.  Ketentuan Penulisan

Ø  LOMBA DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN

a)    Guru harus mendesain media yang sesuai dengan tema umum/besar “Pembelajaran Biologi/IPA yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa”. Media yang dimaksud mencakup semua jenis media yang umum digunakan dalam pembelajaran (silahkan baca literature-literatur terkait).  

b)    Tulisan ditulis menggunakan Arial Narrow 12 spasi 1,5 dengan batas margin 3 cm untuk semua sisi kertas; jumlah halaman tidak terbatas.

c)    Format naskah adalah: Judul Media, Nama penyusun dan institusi/sekolah, Ringkasan Desain, Pendahuluan (di dalamnya termasuk masalah yang dihadapi dalam pembelajaran sehingga perlu ada pengembangan media Anda dan juga teori-teori singkat yang mendukung), Pembahasan (berisi: Jenjang Pendidikan; Kelas; Semester; Kompetensi Inti; Kompetensi Dasar; Indikator; Tujuan; Judul Media; langkah-langkah atau cara pembuatan/penyusunan/pengembangan; langkah-langkah atau cara menggunakan; kelemahan/kelebihan media yang dikembangkan dibandingkan dengan yang lain, biaya pengembangan [dapat dibuat dalam bentuk tabel, harapannya agar kelak bisa ditularkan kepada orang lain], sketsa/gambar/dokumentasi yang mendukung [bila ada]), Penutup, dan Daftar Referensi.

d)    Karya merupakan hasil kreasi atau tulisan sendiri, bukan plagiasi, belum pernah dan tidak sedang diikutkan pada lomba sejenis serta tidak pernah dipublikasikan di media cetak maupun elektronik.

e)    Lomba bersifat perorangan, peserta diperbolehkan mengirimkan lebih dari 1 karya/naskah.

f)      Halaman akhir naskah dilengkapi dengan data pribadi (nama, alamat, usia, nama sekolah dan alamat sekolah, alamat/nama facebook, no HP/kontak dan email), scan kartu pelajar atau scan surat tugas dari sekolah (berstempel).

g)    Bagian Judul-Penulis-Ringkasan wajib di upload/dipublish di facebook masing-masing dengan diberi tulisan “MENGIKUTI LOMBA DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UMM” pada bagian atas tulisan/di atas judul. Di bagian bawah diberi hastag #PENDIDIKANBIOLOGIUMM dan men-tag/me-link ke 30 orang teman facebooknya.

 

Ø  LOMBA MENULIS OPINI INSPIRATIF

a)         Siswa harus menulis artikel dengan tema besar “Belajar Biologi Itu Asyik dan Menyenangkan”. Adapun judul tulisan, sesuai dengan kreativitas masing-masing siswa.

b)         Tulisan ditulis menggunakan Arial Narrow 12 spasi 1,5 dengan batas margin 3 cm untuk semua sisi kertas; kira-kira 3-4 halaman kertas A4.

c)         Naskah  berbentuk opini/esai (peserta dianjurkan untuk melihat contoh-contoh opini di koran/media massa).

d)         Karya merupakan hasil tulisan sendiri, bukan plagiasi, belum pernah dan tidak sedang diikutkan pada lomba sejenis serta tidak pernah dipublikasikan di media cetak maupun elektronik.

e)         Karya tidak mengandung SARA dan unsur pornografi.

f)          Lomba bersifat perorangan, peserta diperbolehkan mengirimkan maksimal dua 2 karya/naskah.

g)         Halaman akhir naskah dilengkapi dengan data pribadi (nama, alamat, usia, nama sekolah dan alamat sekolah, alamat/nama facebook, no HP/kontak dan email, HP/Kontak guru pembimbing), scan kartu pelajar atau scan surat tugas dari sekolah (berstempel).

h)         Artikel/opini wajib di upload/dipublish di facebook masing-masing dengan diberi tulisan “MENGIKUTI LOMBA MENULIS OPINI INSPIRATIF PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UMM” pada bagian atas tulisan/di atas judul opini. Di bagian bawah diberi hastag #PENDIDIKANBIOLOGIUMM dan men-tag/me-link ke 20 orang teman facebooknya.

 

3.  Penjurian

a)    Tim juri berasal dari internal Prodi Pendidikan Biolgi FKIP UMM yang sudah berpengalaman.

b)    Keputusan panitia dan juri tidak dapat diganggu gugat.

c)     Aspek yang dinilai:

·      Sistematika penulisan.

·      Relevansi judul dengan tema.

·      Orisinalitas gagasan.

·      Unik, Inovatif dan kreatif.

·      Rasional dan kelayakan implementasi di sekolah (khusus bagi lomba desain media pembelajaran).

·      Respon masyarakat di facebook (dilihat dari komentar/diskusi yang positif dan banyaknya like).

 

4.  Hadiah

Lomba Desain Media Pembelajaran (Guru)

a)    Juara 1: Dana pembinaan senilai Rp. 2.000.000 + Piagam + Merchandise.

b)    Juara 2: Dana pembinaan senilai Rp. 1.000.000 + Piagam + Merchandise.

c)    Juara 3: Dana pembinaan senilai Rp. 750.000 + Piagam + Merchandise.

 

Lomba Menulis Opini Inspiratif (Siswa)*

a)    Juara 1: Dana pembinaan senilai Rp. 1.000.000 + Piagam + Merchandise.

b)    Juara 2: Dana pembinaan senilai Rp. 750.000 + Piagam + Merchandise.

c)    Juara 3: Dana pembinaan senilai Rp. 500.000 + Piagam + Merchandise.

*) Setiap pemenang akan mendapatkan surat rekomendasi diterima melalui jalur undangan/bebas tes (plus gratis SPP semester 1) apabila mendaftar di Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMM dan akan diprioritaskan untuk mendapat beasiswa.

 

5.  Dewan Juri

Dewan juri berasal dari internal Prodi Pendidikan Biologi yaitu Dr. Yuni Pantiwati, MM., M.Pd., Dr. Rr. Eko Susetyarini, M.Si., Dra. Lise Chamisijatin, M.Pd., Dr. Ainur Rofieq, M.Kes., dan Dr. Moch. Agus Krisno Budiyanto, M.Kes.

DOWNLOAD PANDUAN LENGKAP DI SINI

 

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image