BELAJAR DENGAN ALAM PART-1: RATUSAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UMM PRAKTIKUM DI TAMAN NASIONAL ALAS PURWO BANYUWANGI

Kamis, 10 Mei 2018 06:03 WIB

Dokumentasi: berangkat KKL-Taman Nasional Alas Purwo praktikan prodi pendidikan Biologi UMM; foto kiri dan kanan atas, pengantar dan berdoa bersama; foto kiri bawah, kendaraan praktikan untuk perjalanan; dan foto kanan bawah sarapan pagi di masjid alas purwo (dwi/humasprodipendbio)

BERGURU DARI ALAM - Sudah menjadi kewajiban Mahasiwa untuk belajar dengan sungguh-sungguh baik berupa teori di kelas maupun belajar aplikasi untuk diterapkan didalam kehidupan sehari-hari. Hari Rabu sampai Sabtu (09-11/05/2018) Mahasiswa Pendidikan Biologi semester  empat melaksanakan PKL (Praktikum Kerja Lapang) matakuliah Ekologi, di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi - Jawa Timur. Di dampingi oleh; Bapak Husamah, M.Pd., Fuad Jaya Miharja, M.Pd., Dwi Setyawan, M.Pd., Ahmad Fauzi, M.Pd., Diani Fatmawati, M.Pd., dan Tutut Indria Permana, M.Pd.

Kegiatan yang sudah di rencankan dari bulan Februari ini memiliki tujuan untuk menerapkan hasil teori yang didapatkan mahasiswa saat memperoleh materi didalam kelas sebagai keterampilan dasar. Enies selaku asisten juga mengungkapkan, praktikum ini terdiri dari 2 Matakliah (Ekologi Hewan dan Ekologi Tumbuhan), praktikum Ekologi Hewan; Pit Fall trap dan Pengamatan Pola Aktivitas , sedangkan Ekologi Tumbuhan terdapat 4 Materi yaitu;  1) Validitas, Perioditas, Stratifikasi, 2) Metode Garis , 3) Jumlah minimum dan Luas Minimum,  dan 4) REDD , hal lain yang didapatkan mahasiswa adalahmendekatkan diri dengan alam.

PERJALANAN - Pemberangkatan di malam hari tidak menyurutkan semangat mahasiswa, titik kumpul yang berada di Halaman Laboratorium Biologi. Tim Ekologi yang diwakili Bapak Husamah, M.Pd  menyampaikan " Kegiatan ini langsung terjun ke alam sehingga mahasiswa harus menjaga perilaku dan perkataan, kegiatan ini mengajak kita untuk Tadabbur Alam(Mengenal Alam) bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi" kemudian dilanjutkan dengan berdo'a bersama yang dipimpin oleh Bapak Dwi Setyawan, M.Pd berlangsung dengan khidmat untuk memohon kemudahan dan kelancaran dari keberangkatan hingga pulang nanti.

Perjalanan kami sangat menyenangkan walau tidak sedikit dari kami juga terlelap dalam mimpi. Pemandu perjalan kami sangat ramah. Banyak kegiatan yang kami lakukan di dalam Bus; mulai dari karaoke dengan banyak lagu dan bermacam-macam genre kami nyanyikan “Sayang Opo kowe krungu..., jerite atiku...., mengharap engkau kembali” salah satu lagu yang paling di hafal oleh praktikan sampai dengan kuis sembari membunuh kebosanan kami dalam perjalanan jauh dan lama. Perjalanan kami menghabiskan waktu kurang lebih  10 jam. Tidak sabar kami menanti fajar pagi, kami mengawalinya dengan sholat shubuh berjamaah, sebelum memasuki Pos Alas Purwo dan melapor sebagai pengunjung yang baik dan harus wajib lapor. Sampailah kami di lokasi. (Putra & Dwi/humasprodipendbio)

Shared: